Bedah Rumah; dari ODGJ untuk ODGJ




Rumah Berdaya Denpasar siang itu tampak lebih sepi dari hari biasa. Hanya tampak beberapa pegawai yang bertugas. Di masa pembatasan sosial karena wabah Covid-19 memang warga Rumah Berdaya dihimbau untuk lebih banyak di rumah, hanya pada saat berobat datang ke komunitas orang dengan gangguan jiwa yang berlokasi di Jalan Raya Sesetan, Pegok, Denpasar Selatan ini.

Saya menemui Nyoman Sudiasa, Koordinator Rumah Berdaya Denpasar dan berbincang tentang kegiatan bedah rumah yang baru saja selesai dan diserahterimakan pada akhir Maret 2020 lalu. Bedah rumah adalah program baru Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI) simpul Bali, induk organisasi Rumah Berdaya Denpasar.

Biasanya, program bedah rumah diinisiasi oleh pemerintah. Namun yang dilakukan kali ini berbeda. Bedah rumah dikerjakan oleh orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) khususnya skizofrenia. Mereka adalah warga Rumah Berdaya Denpasar yang telah pulih.

Pak Nyoman, panggilan akrab Nyoman Sudiasa dengan samringah menceritakan pengalamannya pada saya. Ia adalah penyintas skizofrenia dan salah satu pendiri KPSI simpul Bali.

“Saya merasa bahagia bisa membantu orang yang senasib dengan saya. Kebetulan saya punya pengalaman menjadi tukang bangunan jadi mengerti tentang bedah rumah,” katanya.

Sudiasa menuturkan, kegiatan bedah rumah ini rumah keluarga Wayan, Orang dengan Skizofrenia (ODS) di Pegok, Sesetan, Denpasar Selatan. Selama beberapa bulan ia dibuatkan kamar berterali dan terpisah dengan keluarga inti. Kondisinya kurang layak, WC dan toilet menjadi satu dengan tempat tidur. Kawat berduri menghiasi pintu dan jendela yang memberi kesan penghuninya berbahaya.

Dari informasi dr. I Gusti Rai Putra Wiguna, SP.KJ,  psikiater dan pendiri KPSI simpul Bali, pihaknya bersepakat untuk merenovasi rumah Wayan. Biaya berasal dari para donatur yang terketuk hatinya untuk membantu Wayan agar bisa hidup layak dan bermartabat.

“Pekerjaan dilakukan warga Rumah Berdaya di sela-sela waktu lowong, jadi tidak setiap hari, mulai dari memasang tegel, mengganti pintu dan jendela hingga mengecat ruangan. Waktu pengerjaan selama sebulan,” kata Nyoman Sudiasa.

Tambahnya, program bedah rumah yang dilakukan pertama kali oleh KPSI simpul Bali berlangsung lancar. Hal ini tak lepas dari dukungan keluarga Wayan yang setelah diberikan edukasi sederhana tentang kesehatan mental mengizinkan membawa kembali Wayan ke Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bali di Kabupaten Bangli untuk berobat, dan tak lagi mengurungnya seperti beberapa bulan belakangan.

Rai Putra Wiguna menyebut kondisi kesehatan Wayan berangsur membaik. Sebelumnya pihak keluarga terpaksa mengurungnya karena relaps (kambuh) akibat putus pengobatan. Wayan mengidap skizofrenia sejak hampir 20 tahun lalu saat ia remaja, dan telah bolak-balik ke RSJ.

“Kini dengan pengobatan rutin kondisinya pulih, mendapat bedah rumah dari Rumah Berdaya Denpasar yang dikerjakan oleh ODS dari dana yang terkumpul. Kelengkapan kamar berupa lemari dan tempat tidur berasal dari Ibu Walikota Denpasar Selly Mantra yang juga ketua K3S Kota Denpasar, juga pakaian layak pakai dari para donatur. Terima Kasih kami ucapkan kepada semua pihak” ujar Rai Putra Wiguna.

Ia menambahkan, program bedah rumah dari dan untuk ODGJ ini merupakan bukti bahwa penyandang disabilitas mental yang telah pulih mampu berdaya, membantu orang lain dengan kemampuan mereka.

“Ini tantangan bagi orang dan masyarakat yang disebut normal dan sehat, membantu warga yang sering distigma dengan sebutan ‘gila’. Masalah kesehatan mental tanggung jawab kita bersama, sudah bukan zamannya lagi saling menyalahkan,” pungkasnya.

Bagi Rai Putra Wiguna, saat ini waktu yang tepat untuk saling bersinergi antara pemerintah, layanan kesehatan dan juga komunitas serta LSM bahu-membahu mengatasi permasalahan kesehatan mental di lingkungan masing-masing dan menekan angka pemasungan dan penelantaran ODGJ.  

“Untuk membuat hidup mereka lebih bermartabat,” katanya  

Kader Kesehatan Jiwa

Berdasarkan data, saat ini di Denpasar terdapat 529 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Untuk itu, Dinas Kesehatan Kota Denpasar bekerja sama dengan Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI) Simpul Bali, Ikatan Perawat Kesehatan Jiwa Indonesia (IPKJI), dan STIKES Bina Usada mengadakan pelatihan kader kesehatan jiwa untuk puskesmas se-kota Denpasar.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar, dr. Luh Putu Sri Armini, M.Kes mengatakan, pelatihan kader kesehatan jiwa nantinya akan dirancang untuk mewujudkan desa sadar sehat jiwa. Namun, katanya, yang perlu dicatat adalah bukan berarti di desa atau kelurahan tersebut tidak ada warga yang mengalami gangguan jiwa.

“Jadi, yang sehat tetap sehat, dan yang mengarah ke gangguan jiwa tidak menjadi sakit jiwa, atau jika pun didiagnosis mengalami gangguan jiwa akan tetap diobati. Hal ini perlu digarisbawahi agar tidak salah kaprah,” katanya.

Ia menambahkan, di Kota Denpasar para ODGJ telah tertangani dengan baik, apalagi kini Puskesmas telah menyediakan layanan kesehatan mental termasuk penyediaan obat gangguan jiwa. Juga, bagi ODGJ yang telah pulih telah disediakan tempat pemberdayaan yakni di Rumah Berdaya Denpasar.

Rai Putra Wiguna menyebut, pelatihan ini adalah langkah untuk mewujudkan Denpasar bebas pasung. Jadi setiap desa atau kelurahan diharapkan memiliki kader kesehatan jiwa, yang salah satu tugasnya melakukan deteksi dini ke rumah-rumah untuk mengetahui apakah ada warga yang mengalami gangguan jiwa berat dan belum berobat Termasuk juga mendeteksi juga orang dengan masalah kesehatan jiwa.

“Istilahnya ODMK, yakni orang yang belum mengalami penyakit jiwa tapi berpotensi besar memiliki masalah kesehatan jiwa misalnya setelah kehilangan orang terdekat, perceraian, atau mengalami kekerasan. Jadi baru masalah saja dan itu akan dideteksi oleh kader kesehatan jiwa. Termasuk nanti jika sudah mendapat pengobatan juga ikut mendukung keluarga untuk mengawasi pemberian obat secara rutin,” ujar psikiater RSUD Wangaya, Denpasar ini.

Dijelaskan, pelatihan kader kesehatan jiwa ini sebelumnya sudah dilaksanakan di dua puskesmas berjumlah 57 orang termasuk pelatihan bagi dokter umum dan para perawat kesehatan jiwa. Semua ini akan mengarah ke pembentukan desa atau kelurahan sadar sehat jiwa.

“Kami punya data yang terintegrasi, baik yang berobat di puskesmas atau rumah sakit di mana jumlah pengidap gangguan jiwa di Kota Denpasar yang sudah tertangani adalah 529 orang. Data meliputi nama, alamat, jenis obat dan kapan habisnya. Hal ini bertujuan mencegah terjadinya pemasungan,” terangnya..


                                                                                                     

Comments

  1. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.cc
    dewa-lotto.vip

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

SERENADE PAGI | Puisi Angga Wijaya

Telaga Ngembeng